Workshop Bimbingan Karir Dan Kewirausahaan Sebagai Wujud Upaya Pgsd Fkip Unja Mewujudkan Lulusan Berjiwa Wirausahawan

Workshop Bimbingan Karir dan Kewirausahaan Prodi PGSD

Semangat berkarir dan berwirausaha perlu diberikan kepada generasi muda terutama mahasiswa. Mahasiswa harus mampu memanfaatkan peluang yang ada dalam menciptakan usaha sendiri saat kuliah maupun setelah lulus kuliah. Pada akhirnya lulusan perguruan tinggi tidak hanya menjadi pencari kerja tetapi bisa menjadi pencipta lapangan kerja.

Kewirausahaan sudah menjadi salah satu program nasional yang penting. Hal ini selaras dengan visi dan misi pemerintah untuk menumbuhan dan meningkatkan perekonomian nasional melalui peningkatan jumlah wirausaha. Berbagai departemen, instansi pemerintah, swasta hingga lembaga swadaya masyarakat telah meluncurkan berbagai program kewirausahaan. Salah satu visi Unja ialah menciptakan lulusan yang tidak hanya menggeluti dunia kerja sesuai latarbelakang pendidikannya, namun juga memiliki softskill untuk mandiri dalam perekonomian, yakni berwirausaha.

Visi menciptakan lulusan yang handal dalam berwirausaha ini diupayakan melalui berbagai bentuk kegiatan. Sebagai bagian dari Universitas Jambi, prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar juga turut serta mewujudkan visi tersebut. Pada 12 November 2022, PGSD FKIP Unja menyelenggarakan Workshop Bimbingan Karir dan Kewirausahaan. Penyelenggaraan workshop tersebut memiliki tujuan sebagai berikut.

  1. Memberikan wawasan kepada mahasiswa mengenai ide-ide kreatif dalam berkarir dan berwirausaha
  2. Membentuk karakter dan memotivasi mahasiswa untuk semangat berkarir dan berwirausaha
  3. Memberikan informasi mengenai jalur-jalur pendanaan mahasiswa berkarir dan berwirausaha
  4. Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menyusun proposal pengembangan bisnis yang sedang dilakukan. Rencana pengembangan bisnis yang disusun nantinya dapat menjadi usulan untuk mendapatkan sumber pendanaan.

Materi yang disampaikan oleh narasumber dalam workshop ini, yakni drs. Agus Syarif, M.B.S. ialah materi mengenai model pengembangan wirausaha. Peserta yang mengikuti Workshop Bimbingan Karir dan Kewirausahaan pada Program Studi PGSD FKIP Universitas Jambi adalah mahasiswa program studi PGSD semester 2 dan 4 yang berjumlah 150 orang. Mereka sangat antusias dan aktif bertanya dalam workshop. Pihak prodi PGSD berharap workshop ini bisa menjadi gerbang bagi mahasiswa PGSD untuk menumbuhkan jiwa wirausahanya.

(Visited 7 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *