Capaian Pembelajaran

Aspek Capaian Pembelajaran Lulusan
Sikap

1.      Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.

2.      Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.

3.      Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.

4.      Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.

5.      Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.

6.      Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.

7.      Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

8.      Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.

9.      Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

10.    Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

11.    Menginternalisasi sikap apresiatif dan peduli dalam pelestarian dan pengembangan Budaya Melayu Jambi.

Pengetahuan

1.      Menguasai prinsip dan teori pendidikan di Sekolah Dasar.

2.      Menguasai konsep tentang karakteristik perkembangan peserta didik di Sekolah Dasar.

3.      Menguasai bidang ilmu (content knowledge) studi di Sekolah Dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PPKn, SBdP, dan PJOK.

4.      Menguasai konsep kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di Sekolah Dasar.

5.      Menguasai konsep dan teknik evaluasi proses dan hasil pembelajaran di Sekolah Dasar.

6.      Menguasai konsep dasar dan prosedur penelitian yang dapat memformulasikan penyelesaian permasalahan pendidikan di Sekolah Dasar.

7.      Menguasai konsep dan teknik layanan bimbingan konseling di Sekolah Dasar.

8.      Menguasai pengetahuan lintas bidang ilmu yang sesuai perkembangan IPTEKS dengan memperhatikan kearifan lokal.

9.      Menguasai konsep layanan pembelajaran yang mendidik sesuai dengan karakteristiknya.

10.   Menguasai konsep pengembangan potensi peserta didik secara optimal.

11.   Menguasai konsep landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, psikologis dan empiris pendidikan.

12.   Menguasai teori belajar dan pembelajaran.

13.   Menguasai konsep penerapan teknologi informasi dan komunikasi dalam perencanaan, penyelenggaraan, evaluasi dan pengelolaan pembelajaran.

14.   Menguasai konsep lingkungan belajar yang aman, nyaman, menyenangkan, menantang, dan mengembangan peserta didik untuk berkreasi selama kegiatan pembelajaran berlangsung.

15.   Menguasai konsep ilmu pengetahuan dalam konteks bidang keahlian sebagai sarjana pendidikan dasar.

16.   Menguasai filosofi dan metodologi implementasi kurikulum untuk pembelajaran efektif di Sekolah Dasar.

17.   Menguasai konsep dan prinsip kegiatan kewirausahaan (Entrepreneurship)

18.   Menguasai konsep keragaman budaya dan kearifan lokal.

19.   Menguasai konsep pengajaran berbasis dwibahasa di Sekolah Dasar.

20.   Menguasai konsep dan prinsip pendidikan kepramukaan dalam mengembangkan kemampuan dan keterampilan melaksanakan kegiatan kepramukaan di Sekolah Dasar.

Keterampilan Umum

1.        Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang keahlian (IPA, IPS, Bahasa Indonesia, IPS, dan PKn).

2.        Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.

3.        Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.

4.        Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.

5.        Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di 5 bidang, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.

6.        Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.

7.        Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya.

8.        Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.

9.        Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Keterampilan Khusus

1.      Mampu menerapkan prinsip dan teori pendidikan melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di Sekolah Dasar.

2.      Mampu menerapkan konsep tentang karakteristik perkembangan peserta didik melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di Sekolah Dasar.

3.      Mampu menerapkan pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran.

4.      Mampu menerapkan dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di Sekolah Dasar.

5.      Mampu merancang, melaksanakan, menganalsis dan menindaklanjuti evaluasi proses dan hasil pembelajaran di Sekolah Dasar.

6.      Mampu merancang dan melaksanakan penelitian bidang pendidikan SD secara ilmiah dan melaporkan serta mempublikasikan.

7.      Mampu menerapkan layanan bimbingan konseling di Sekolah Dasar.

8.      Mampu menyelesaiakan permasalah dalam bidang Pendidikan SD (Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP dan PJOK) dengan menerapkan IPTEKS dengan memperhatikan kearfian lokal.

9.      Mampu melaksanakan layanan pembelajaran yang mendidik sesuai dengan karakteristiknya.

10.   Mampu melaksanakan pengembangan potensi peserta didik secara optimal.

11.   Mampu menerapkan landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, psikologis dan empiris pendidikan.

12.   Mampu menerapkan teori belajar dan pembelajaran.

13.   Mampu menerapkan dan mengembangkan teknologi informasi dan komunikasi dalam perencanaan, penyelenggaraan, evaluasi dan pengelolaan pembelajaran.

14.   Mampu mengkondisikan lingkungan belajar yang aman, nyaman, menyenangkan, menantang, dan mengembangan peserta didik untuk berkreasi selama kegiatan pembelajaran berlangsung.

15.   Mampu menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dalam konteks bidang keahlian sebagai sarjana pendidikan dasar.

16.   Mampu melaksanakan kurikulum dengan metodologi efektif untuk pembelajaran di Sekolah Dasar.

17.   Mampu merancang kegiatan kewirausahaan (Entrepreneurship).

18.   Mampu melaksanakan pembelajaran berbasis budaya dan kearifan lokal.

19.   Mampu melaksanakan pengajaran berbasis dwibahasa di Sekolah Dasar.

20.   Mampu melaksanakan pendidikan kepramukaan dalam mengembangkan kemampuan dan keterampilan melaksanakan kegiatan kepramukaan di Sekolah Dasar.

(Visited 44 times, 1 visits today)